Apa itu cache? Ini Penjelasan Mengenai Cache

Para pengguna smartphone biasanya tidak asing dengan yang namanya cache, apa itu cache? dan bagaimana cara kerja cache? cache sendiri kerap ditemukan pada smartphone android yang terinstall aplikasi bawaan dari smartphone tersebut. Cache merupakan teknologi yang sangat bermanfaat, karena dengan melakukan caching akan membuat situs web menjadi sangat cepat dan dapat meningkatkan kepuasan pengguna yang membuka website. pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai caching, jenis – jenisnya dan cara kerja caching.

Apa itu cache?

Biasanya setiap kali kita membuka halaman web, server harus melakukan banyak perhitungan dan membutuhkan waktu yang lama untuk memprosesnya. hal ini terjadi karena website akan meload postingan terbaru, menghasilkan header dan footer, menemukan widget yang ada pada sidebar dan yang lainnya. Dalam beberapa kasus, hasil perhitungan ini akan sama persis dan membuat server akan mengingat hasil akhir, Nah, inilah yang disebut caching. Cache tersebut dapat diartikan sebagai sebuah kegiatan dimana menggunakan data dari pemrosesan sebelumnya dengan tujuan untuk mempercepat pemrosesan di waktu yang akan datang.

Cara kerja caching

Cara yang dapat dengan jelas dilihat untuk memahami proses caching adalah dengan melihat suatu halaman website tertampil, ketika seseorang membuka halaman website untuk pertama kalinya, maka permintaan tersebut akan diproses oleh server dan halaman web yang dihasilkan diubah dalam bentuk file HTML kemudian dikirimkan ke browser pengunjung.
Karena caching ini telah diaktifkan, server biasanya menyimpan file HTML ini dalam Random Access Memory (RAM) yang sangat cepat, jadi ketika siapaun yang mengunjungi halaman website yang sama. server tidak perlu melakukan pemrosesan lalu menkonversi ke HTML, mereka hanya mengirimkan file HTML yang sudah disiapkan ke browser pengunjung.

Apakah caching itu dibutuhkan?

Ya, karena dengan menggunakan cache browser dan server, anda dapat mengurangi loading ketika mengunjungi suatu website yang sudah pernah dikunjungi, anda bisa melakukan uji coba sendiri mengenai waktu loading dengan menggunakan tool analisa kecepatan website.

Jenis – jenis caching yang sering ditemui

Browser cache

Dari kita semua pastinya mempunyai website favorit yang sering dikunjungi. Cache pada browser mempermudahkan kita sebagai pengguna untuk meload suatu halaman pada website agar menjadi cepat, dengan melakukan caching tidak diperlu melakukan transmisi data dan request untuk menampilkan halaman yang ingin dikunjungi, karena data – data tersebut sudah ada pada browser di komputer atau smartphone anda.

Client side caching

Client-side caching digunakan untuk menyimpan file data yang dapat berguna di pc atau browser pengguna, salah satu contoh yang cukup familiar adalah seperti pada penjelasan diatas yaitu browser caching.

Baca: Hal yang Harus Anda Pelajari untuk Menjadi Web Developer

Selain ada client-side caching, ada juga yang namanya server-side caching, dengan server-side caching, data akan dicache pada server website. File dan gambar yang ada di internet merupakan data yang disimpan di server, Pengguna kemudian dapat mengakses suatu informasi dengan lebih cepat.

Database cache

Database cache merupakan data pada website yang disimpan pada database, proses ini bertujuan untuk mencapai kinerja website yang lebih baik, caching pada database ini sangat menguntungkan bagi pengembang website, karena dapat mengurangi kinerja dari disk, processor dan waktu yang diperlukan untuk mengakses data.

CDN cache

Content Delivery Network atau biasa yang disebut CDN merupakan bentuk penyimpanan yang lebih luas, karena konten yang ada pada website akan disimpan pada server proxy dan disebar luaskan secara global, hal ini akan membuat pengunjung dari negara lain dapat dengan mudah dan cepat mengakses website milik anda, biasanya yang sering saya gunakan itu CDN dari Cloudflare, karena pada cloudflare sendiri layanan gratisnya itu sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan mulai dari setting DNS, SSL, hingga Routing.

Sekian informasi yang dapat saya sampaikan mengenai apa itu cache? dan jenis – jenis cache yang sering dijumpai, dengan pembahasan cache ini diharapkan dapat menambah wawasan mengenai cache dan membuka pandangan bagi kita bahwa cache memiliki manfaat yang sangat besar, walau terkadang perlu hapus jika penyimpanan pada smartphone anda termakan oleh cache. Jika ada informasi yang kurang jelas atau ingin ditanyakan, silakan isi kolom komentar dibawah.

Leave a Comment