Apa Itu Laravel? Kelebihan Laravel Dari Framework Lain

Apa Itu Laravel? Kelebihan Laravel Dari Framework Lain – Framework dalam bahasa Indonesia adalah kerangka kerja. Framework juga dapat diartikan sebagai kumpulan script (terutama class dan function) yang dapat membantu web developer/programmer dalam menangani berbagai masalah dalam pemrograman seperti koneksi ke database, panggilan sebuah variabel, file, dll. Sehingga web developer lebih fokus dan lebih cepat dalam membangun sebuah aplikasi.

Dapat juga dikatakan bahwa Framework adalah komponen pemrograman yang siap untuk digunakan kembali kapan saja, sehingga programmer tidak harus membuat script yang berulang untuk tugas yang sama. Misalnya ketika membuat aplikasi web berbasis ajax yang harus melakukan XML HTTP Request setiap waktu, X ajax membuatnya lebih mudah dengan membuat objek khusus yang siap digunakan untuk operasi Ajax berbasis PHP.

Framework adalah kumpulan beberapa fungsi (libraries), maka Anda sebagai programmer tidak perlu lagi untuk membuat fungsi lainnya (biasanya disebut kumpulan library) dari awal, programmer hanya perlu memanggil kumpulan perintah atau fungsi yang sudah ada didalam framework tersebut, dan cara menggunakan fungsi – fungsi tersebut sudah ditentukan oleh framework ini, Anda dapat melihat cara penggunaannya pada halaman dokumentasi masing – masing framework.

Beberapa contoh fungsi standar yang tersedia dalam framework adalah fungsi pagination, encrypt, e-mail, SEO, session, security, kalender, manipulasi gambar, grafik, tabel gaya zebra, validation, upload, captcha, perlindungan terhadap XSS (XSSfiltering), template, compression, XML, dan lainnya.

Dengan menggunakan framework, akan lebih mudah untuk memahami mekanisme kerja suatu aplikasi. Ini akan sangat membantu proses pengembangan sistem yang dilakukan oleh tim. Semua anggota dituntut untuk memahami pola kerja framework, anggota tim lainnya bisa mempelajari proses bisnis yang diinginkan oleh sistem untuk kemudian dituangkan ke dalam framework. Dalam arti ini bahwa setiap orang harus memiliki metode yang sama dalam membuat dan menyelesaikan aplikasi.

Apa Itu Laravel?

Apa itu Laravel? Laravel adalah Framework PHP yang dikembangkan oleh Taylor Otwell dengan tagline “PHP Framework for Web Artisans”. Laravel bersifat open-source, sehingga Anda dapat dengan mudah mengunduh Laravel. Alasan Taylor Otwell menciptakan Laravel adalah karena ia ingin menghadirkan fitur framework yang lebih canggih daripada Framework CodeIgniter. Pola arsitektur Laravel sebagian besar didasarkan pada Framework Symfony.

Setelah merilis Versi 3, Laravel semakin laris. Karena Framework ini memiliki fitur unik seperti Command Line Interface yang disebut Artisan, Mendukung Database System dan Migrasi Data. Dan fitur Packaging System yang disebut Bundle. Saat ini Laravel masih terus berkembang dengan pembaharuan yang terjadwal.

Baca: Website Belajar Coding Gratis untuk Pemula

Kenapa Menggunakan Laravel?

Penulis akan menjelaskan fitur-fitur menarik Laravel dan mengapa Framework ini begitu populer dikalangan programmer PHP.

MVC Support Dan Object-Oriented Approach

Dengan menggunakan pola MVC, Anda dapat membuat struktur pengkodean yang lebih baik di mana pola memisahkan logika dan tampilan. Arsitektur MVC dapat meningkatkan kinerja dari seorang web developer, memiliki beberapa fungsi bawaan (fungsi yang dapat langsung digunakan), dan menulis dokumentasi yang lebih baik. Dengan sintaksis yang ekspresif membuatnya disebut Object-Oriented.

Built-In Authentication dan Authorization

Laravel menyediakan konfigurasi yang tampaknya unik untuk sistem Otentikasi dan Otorisasi. Artinya, hanya dengan memasukkan Perintah Artisan, web atau aplikasi Anda akan dilengkapi dengan Sistem Otentikasi dan Otorisasi yang aman.

Packaging System

Packaging System adalah salah satu fitur penting yang memungkinkan Anda untuk menggabungkan beberapa fungsi sehingga mudah didistribusikan. Selain itu, Anda dapat mempublikasikan paket Anda sendiri ke repositori seperti Packagist dan GitHub yang memungkinkan pengembang lain mendapatkan manfaat dari package Anda.

Eloquent ORM

Eloquent ORM adalah salah satu aplikasi dari PHP yang canggih yang dapat mengimplementasikan PHP Active Record yang akan membantu mengatasi beberapa masalah yang muncul dalam hubungan object dari database dalam website. ORM memungkinkan Anda untuk berinteraksi dengan Object Database dan Database Relations dengan syntax ekspresif.

Baca: Menjadi Web Developer yang Handal dan Professional

Templating Engine

Laravel dibuat dengan sistem template bawaan yang disebut Blade Template Engine. Blade Template Engine menggabungkan 1 atau lebih template dengan Data Model. Ini dilakukan dengan memindahkan template ke Code Cache PHP untuk meningkatkan kinerja website. Blade Template juga memiliki pengaturan struktur kontrol sendiri seperti conditional statement dan loop, yang dipetakan secara internal ke bagian program PHP.

Event & Broadcasting

Laravel memiliki konsep yang disebut Broadcasting yang berguna untuk aplikasi web modern seperti mengimplementasikan data secara real-time, menampilkan berita langsung, dan sebagainya. Broadcasting on Laravel memungkinkan Anda untuk berbagi acara yang sama di server dan client-server Anda, sehingga data dalam aplikasi dapat disajikan secara real time.

Task Scheduling

Task Scheduling ini mulai diperkenalkan pada Laravel versi 5.0, Task Scheduling adalah fitur Command Line tambahan di Artisan yang memungkinkan penjadwalan tugas yang diprogram yang dieksekusi secara berkala.

Artisan Console

Laravel memiliki Command Line Interface sendiri bernama Artisan. Penggunaan Artisan secara umum meliputi Publishing Asset Package, mengelola migrasi Database, Nursery dan Menghasilkan kode Boilerplate untuk pengontrol baru. Fitur ini membebaskan developer dari membuat framework pengkodean yang tepat. Anda dapat memperluas fungsionalitas dan kemampuan Artisan dengan menerapkan Perintah Kustom Baru.

Baca: CMS Website Terbaik untuk Pengembangan Website

Security

Poin plus berikutnya adalah keamanan sangat kuat. Kenapa begitu kuat? Jadi begini, Laravel ini menerapkan mekanisme kata sandi dengan metode hash dan cpy. Dengan metode ini kata sandi akan dienkripsi dalam database. Sehingga administrator tidak dapat melihat kata sandi. Laravel juga mengklaim bahwa hasil enkripsi tidak akan ditembus oleh serangan SQL Injection karena menggunakan metode “Hashing Algorithm”.

Testing

Ada sesuatu yang menarik perhatian banyak orang yang memilih Laravel dibandingkan framework lain, yaitu Unit Testing. Beberapa pengguna Laravel mengatakan unit testing pada Laravel sangat mudah dan cepat. Ini karena ketika selesai membuat proyek dapat langsung mengimplementasikan unit testing. Unit testing adalah fitur Laravel yang mendeteksi dan mencegah regresi.

Selain fitur-fitur di atas, Laravel juga memiliki Official Package yang berguna jika Anda mengintegrasikan berbagai fitur dalam aplikasi.

Official Package Laravel

Cashier – diperkenalkan pada Laravel versi 4.2, berisi interface untuk mengelola layanan penagihan berlangganan yang disediakan oleh Stripe, seperti menangani kupon dan invoice.

Socialite – diperkenalkan pada Laravel versi 5.0, menyediakan mekanisme Otentikasi yang disederhanakan untuk berbagai situs sosial termasuk Google, Facebook, GitHub, Twitter, dan Bitbucket. Jadi, aplikasi Anda dapat secara efektif mengimplementasikan login Socialite ini dalam waktu minimum. Memberi Anda kesempatan untuk mengotomatiskan tugas-tugas umum menggunakan sintaks minimal.

Horizon – digunakan untuk memantau antrian sistem Anda dengan menyediakan dashboard yang baik dan configuration code. Tujuan utama Horizon adalah untuk memantau Output, waktu yang diperlukan untuk menjalankan dan melacak kegagalan suatu pekerjaan.

Scout – adalah unique package yang disediakan oleh Laravel untuk pencarian teks lengkap menggunakan model Eloquent. Angola adalah driver default yang digunakan untuk pencarian teks lengkap dan menyediakan layanan yang fantastis.

Baca: Framework PHP Terbaik untuk Pengembangan Website

Kesimpulan

Semua fitur out-of-the-box dari Framework Laravel sangat sempurna untuk semua jenis pengembangan aplikasi web, dari skala kecil hingga perusahaan. Laravel juga menyediakan banyak fungsi bawaan yang memungkinkan seorang developer untuk bekerja dengan mudah.

Fitur yang tertera pada tulisan diatas hanya ringkasan dari banyaknya fitur yang tersedia pada Framework Laravel ini dan akan terus berinovasi dengan update terbarunya yang bisa Anda lihat pada laman Laravel Official.

Demikian artikel mengenai Apa itu Laravel? Kelebihan Laravel Dari Framework Lain. Jika Anda memiliki pertanyaan silakan tulis di kolom komentar dibawah ini.

Leave a Comment