Cek Kecepatan Website Menggunakan Tools Terbaik

Cek Kecepatan Website merupakan hal yang penting bagi setiap pemilik situs web. Beberapa waktu yang lalu Google baru saja mengumumkan melalui situs web resmi mereka bahwa kecepatan situs web digunakan sebagai faktor peringkat untuk pencarian situs pada perangkat mobile, sebelumnya pada tahun 2010 tim Pencarian mengumumkan bahwa kecepatan akan menjadi sinyal atau penentu peringkat untuk pencarian situs pada desktop.

Ini tentu saja merupakan tamparan keras bagi pemilik situs web yang telah mengabaikan situs web mereka, bukan tanpa alasan untuk menerapkan peraturan ini karena Google sangat memperhatikan para penggunanya.

Karena pengguna ingin menemukan jawaban atas pertanyaan mereka dengan cepat dan data menunjukkan bahwa orang benar-benar peduli seberapa cepat halaman mereka dimuat.

Cek Kecepatan Website

Pada kesempatan ini kami akan membagikan beberapa tools terbaik untuk cek kecepatan website Anda dan berapa lama waktu yang dibutuhkan situs web Anda untuk memuat halaman.

PageSpeed Insight

Google PageSpeed ​​adalah tools untuk cek kecepatan website yang dibuat oleh Google Inc., yang dirancang untuk membantu mengoptimalkan kinerja situs web. Ini diperkenalkan pada Konferensi Pengembang di 2010.

PageSpeed ​​Insights (PSI) melaporkan kinerja halaman pada perangkat mobile dan desktop, dan memberikan saran tentang bagaimana halaman dapat ditingkatkan.

PSI menyediakan data lab dan lapangan tentang halaman tersebut. Data lab berguna untuk debugging masalah kinerja, karena mereka dikumpulkan di lingkungan yang terkendali. Namun, itu mungkin tidak menangkap lalu lintas dunia nyata. Data lapangan berguna untuk menangkap pengalaman pengguna nyata di dunia nyata – tetapi memiliki serangkaian metrik yang lebih terbatas.

Langkah – Langkah untuk menggunakan PageSpeed Insight

  • Mengunjungi situs PageSpeed Insight
  • Silakan masukan URL website Anda pada halaman tersebut.
  • Klik Analisis lalu tunggulah beberapa menit.
  • Jika sudah muncul, Anda dapat melakukan optimasi yang disarankan oleh PageSpeed Insight.

Baca: Memasang Google Analytics Pada Website Anda

GTmetrix

GTMetrix adalah salah satu tools yang kami rekomendasikan, karena tools ini akan membantu Anda untuk mendapatkan laporan terperinci tentang kinerja situs.

GTMetrix kemudian akan menghasilkan skor untuk halaman Anda dan menawarkan rekomendasi yang dapat ditindak lanjuti tentang cara untuk memperbaikinya. Pada artikel ini, kami akan menunjukkan kepada Anda bagaimana menggunakan GTMetrix untuk meningkatkan kinerja situs web Anda.

Langkah – Langkah untuk menggunakan GTmetrix

  • Mengunjungi situs GTmetix
  • Silakan masukan URL website Anda pada halaman tersebut.
  • Klik Test Your Site lalu tunggulah beberapa menit.
  • Jika sudah muncul, Anda dapat melakukan optimasi yang disarankan oleh GTMetrix

Pingdom Website Speed Test

Pingdom dikenal karena alat pengujian kecepatannya, cukup masukkan URL halaman web Anda dan pilih area pengujian. Ini akan menguji kecepatan pemuatan halaman Anda dan metrik kinerja situs web. Ini akan membantu Anda memahami keseluruhan waktu pemuatan halaman, jumlah permintaan, dan ukuran halaman. Anda dapat menganalisis kinerja situs web Anda melalui grafik waterfall. Semua fitur ini tersedia dalam versi gratis tools uji kecepatan situs web Pingdom.

Layanan yang ditawarkan oleh mereka termasuk pemantauan uptime, pemantauan kecepatan halaman, pemantauan transaksi, pemantauan server, dan wawasan pengunjung. Salah satu layanan yang paling populer adalah tools test kecepatan situs web gratis milik mereka. Alat ini sangat berguna bagi pemilik situs web karena kecepatan situs web adalah salah satu aspek terpenting dari situs web mana pun.

Langkah – Langkah untuk menggunakan Pingdom Website Speed Test

  • Mengunjungi situs Pingdom
  • Silakan masukan URL website Anda pada halaman tersebut.
  • Pilih regional dari server penguji pada bagian Test From, misal Anda menggunakan server Indonesia, pilih Asia.
  • Klik Start Test lalu tunggulah beberapa menit.
  • Jika sudah muncul, Anda dapat melihat hasilnya dan melakukan optimasi yang disarankan oleh Pingdom

WebPageTest

WebPagetest adalah alat yang awalnya dikembangkan oleh AOL untuk penggunaan internal dan open source pada tahun 2008 di bawah lisensi BSD.

Webpagetest adalah salah satu tools paling populer dan gratis untuk mengukur kinerja halaman web. Webpagetest memungkinkan Anda untuk menjalankan tes kinerja web di situs Anda dari sejumlah lokasi berbeda di seluruh dunia di sejumlah browser yang berbeda.

Langkah – Langkah untuk menggunakan Pingdom Website Speed Test

  • Mengunjungi situs WebPageTest
  • Silakan masukan URL website Anda pada halaman tersebut.
  • Pilih Lokasi beserta Browser yang akan digunakan untuk mengecek kecepatan situs web Anda.
  • Klik Start Test lalu tunggulah beberapa menit.
  • Jika sudah muncul, Anda dapat melihat hasil pengecekan tersebut.

KeyCDN Website Speed ​​Test

KeyCDN adalah tools situs web gratis yang cepat dan ringan. Ini secara efektif dapat memonitor situs dari 14 lokasi di seluruh dunia. Ini membantu Anda mengetahui semua dasar-dasar tentang kecepatan situs. KeyCDN Website Speed ​​Test memberikan informasi tentang waktu yang dibutuhkan untuk terhubung ke server web. Aplikasi ini juga memiliki beberapa tools lain seperti ping tester, pencarian lokasi IP, verifikasi HTTP dan banyak lagi.

Langkah – Langkah untuk menggunakan KeyCDN Website Speed Test

  • Mengunjungi situs KeyCDN
  • Silakan masukan URL website Anda pada halaman tersebut.
  • Pilih Lokasi yang akan digunakan untuk mengecek kecepatan situs web Anda.
  • Klik Test lalu tunggulah beberapa menit.
  • Jika sudah muncul, Anda dapat melihat hasil pengecekan tersebut.

Kesimpulan

Cek Kecepatan Website merupakan hal yang sangat penting bagi setiap pemilik website, dengan melakukan optimasi yang tepat akan membuat website Anda menjadi lebih cepat dan pengunjung tidak jadi kabur ke website lain karena harus menunggu lama untuk memuat suatu halaman pada website Anda.

Leave a Comment