Framework PHP Terbaik untuk Pengembangan Website

Framework php terbaik untuk pengembangan website. Hal penting dalam membuat proyek website adalah kemudahan dalam menggunakan, struktural, dan keamanan program. Masalahnya adalah, apakah Anda dapat membuat ketiganya dalam program website Anda?

Seringkali sebagai programmer lebih fokus pada satu atau dua dari tiga hal penting di atas, sementara poin lainnya diabaikan. Memang, dibutuhkan energi ekstra untuk bisa menciptakan tiga poin di atas. Namun, itu hanya terjadi jika Anda tidak cukup pintar untuk memilih cara yang lebih mudah.

Ketahuilah bahwa sekarang ada banyak programmer seperti Anda yang membuat open source/Framework gratis untuk mengatasi tiga poin di atas dengan sangat mudah. Ada berbagai macam Framework PHP terbaik yang open source dengan kelebihannya masing-masing dan terus dikembangkan hingga sekarang. Jadi mengapa tidak menggunakannya?

Apa itu framework?

Seperti yang sudah dijelaskan pada artikel Menjadi Web Developer yang Handal dan Professional, framework dibuat untuk memudahkan programmer dalam membuat suatu aplikasi dengan pengetikan kode yang struktur serta efisien, karena framework memang terdiri dari kumpulan fungsi – fungsi yang dapat digunakan secara berulang, sehingga dapat membuat pekerjaan menjadi lebih cepat.

Berikut adalah framework PHP terbaik

Yii

Yii merupakan framework php gratis/opensource yang ditulis dalam bahasa pemograman PHP5 yang dikembangkan untuk aplikasi web 2.0. Saat ini, Yii adalah Framework termudah dan paling lengkap dibandingkan dengan Framework lainnya. Dengan fitur yang lengkap, Yii cocok untuk proyek kecil dan besar. Yii membantu pemrogram web membangun aplikasi kompleks secara efektif dan efisien.

Baca: Setting CDN Cloudflare Untuk Mempercepat Website

Yii dilafalkan sebagai Yee atau [ji:], dan merupakan singkatan dari “Yes it is!”.

Codeigniter

CodeIgniter adalah sebuah framework yang sederhana namun elegan untuk membuat aplikasi web yang memiliki fitur lengkap. Berbeda dengan Yii, CodeIgniter atau CI lebih sederhana karena ditujukan untuk proyek web kecil-menengah.

Dalam hal pengguna, CodeIgniter lebih banyak digunakan dan dikenal daripada Framework lainnya. Saat ini, pengembangan CodeIgniter telah mencapai versi 4 stabil.

Symfony

Framework Symfony adalah framework open source yang dikembangkan 15 tahun yang lalu dan dirilis pada tahun 2005. Symfony dikembangkan oleh perusahaan SensioLabs. Beberapa kelebihan symfony adalah cepat, memiliki fleksibilitas tanpa batas (mudah beradaptasi), mudah dikembangkan dan mudah digunakan. Dengan pengembang SensioLabs yang sudah cukup berpengalaman dalam bidang web developer ini, Symfony cukup kuat untuk Anda gunakan di proyek situs web Anda.

Zend Framework

Zend Framework 3 adalah framework php open source untuk mengembangkan aplikasi web menggunakan PHP 7+. Zend Framework 3 menggunakan kode berorientasi objek (Object Oriented) 100% dan menggunakan sebagian besar fitur baru dari PHP 7, yaitu namespace, fungsi lambda dan yang lainnya. Zend Framework 3 berevolusi dari Zend Framework 2, Framework PHP yang sukses dengan lebih dari 15 juta unduhan.

Struktur komponen Zend Framework 3 unik. Setiap komponen dirancang dengan ketergantungan pada komponen lain. ZF3 mengikuti prinsip desain berorientasi objek SOLID. Arsitektur longgar ini memungkinkan pengembang untuk menggunakan komponen mana yang mereka inginkan. Ini biasa disebut “Use-at-will”.

Laravel

Laravel adalah framework aplikasi web dengan sintaksis yang ekspresif dan elegan dengan slogan “PHP Framework for Web Artisans”. Pengembangnya percaya bahwa bekerja pada suatu proyek harus menjadi pengalaman yang kreatif, menyenangkan dan juga sangat memuaskan. Laravel mencoba untuk menghilangkan kebosanan dalam pemrograman dengan mengurangi tugas-tugas umum yang digunakan di sebagian besar proyek web, seperti authentication, routting, session, dan caching.

Laravel bertujuan untuk membuat proses pemrograman menyenangkan bagi pengembang tanpa mengorbankan fungsionalitas aplikasi. Untuk tujuan ini, pengembang telah mencoba untuk menggabungkan yang terbaik dari apa yang mereka lihat dalam Framework web lain, termasuk Framework yang diimplementasikan dalam bahasa lain, seperti Ruby on Rails, ASP.NET MVC, dan Sinatra.

Baca: Cek Kecepatan Website Menggunakan Tools Terbaik

CakePHP

CakePHP merupakan framework yang bersifat open source yang mempunyai slogan “Build Fast, Grow Solid” dengan lisensi MIT. Framework ini dikembangkan oleh Cake Software Foundation pada tahun 2005 hingga saat ini sejak artikel dirilis sudah memiliki versi stabil 3.2.8. Walaupun begitu, saat ini sudah tersedia versi 4 dengan nama CakePHP 4.0 Strawberry.

Framework ini memiliki keunggulan seperti keamanan, kemudahan dalam pengetikan kode dengan adanya code generation dan MVC (Model, View, Controller) untuk membangun aplikasi.

Jadi mana yang harus saya pilih?

Kesimpulan

Setiap framework pastinya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, semua tergantung bagaimana programmer membuat aplikasi web dengan framework tersebut, layaknya sebuah pesawat, dibutuhkan seorang pilot yang handal dalam menerbangkan pesawat dan melakukan pendaratan dengan mulus, begitu juga seorang programmer yang membuat aplikasi web menggunakan framework. Untuk memenuhi kebutuhan client, seorang programmer harus membuat aplikasi web tersebut dapat digunakan dengan aman dan nyaman.

Leave a Comment