Memasang Google Analytics Pada Website Anda

Memasang Google Analytics pada website bukanlah hal yang sulit. Bila Anda memiliki blog atau website sendiri, maka Anda selalu berusaha mengisi konten atau halaman blog dengan kualitas terbaik. Semakin baik, semakin puas. Ketika blog Anda sudah memiliki konten berkualitas, tentu saja harapannya adalah satu: banyak dibaca oleh orang lain. Lalu lintas blog yang tinggi pasti akan membuat Anda bahagia. Tetapi untuk dapat melihat bagaimana statistik traffic blog Anda, diperlukan sistem yang tepat. Sistem ini sendiri dapat diinstal dengan mudah dan gratis secara bersamaan. Sistem yang dimaksud di sini adalah Google Analytic.

Untuk cara memasang Google Analytics di blog Anda sebenarnya sangat mudah. Asalkan Anda mendapatkan tutorial yang tepat. Di bawah ini, ada daftar cara untuk menginstal Google Analytics yang dapat Anda lakukan sekarang tanpa perlu kebingungan.

Apa itu Google Analytics?

Google Analytics merupakan sebuah tools yang disediakan oleh Google untuk menampilkan statistik pengunjung pada website. Tools ini dapat menampilkan data pengunjung secara real-time dan bisa juga diatur periode waktu yang ditampilkan untuk menampilkan data.

Cara Memasang Google Analytics

Sebelum menginstal Google Analytics, hal pertama yang harus Anda miliki, tentu saja, adalah blog. Blog ini dapat dibuat menggunakan CMS (Content Management System) seperti WordPress. Untuk cara menginstal Google Analytic di blog ini yang akan diberikan, Blogspot dan CMS WordPress.

Punya akun Google terlebih dahulu

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah memiliki akun Google terlebih dahulu. Akun ini adalah akun Gmail. Jika Anda belum memilikinya, Anda dapat membuatnya terlebih dahulu. Jika sudah memilikinya, lewati langkah ini.

Masukkan situs web Google Analytic

Sekarang saatnya untuk pergi ke situs web Google Analytic. Alamat situs web adalah analytics.google.com. Setelah masuk, Anda dapat mulai dengan memasuki bagian pendaftaran.

Isi data pribadi

Setelah memasuki bagian pendaftaran, Anda diminta untuk mengisi nama akun Anda, menggunakan Google Analytics untuk situs web, aplikasi seluler, atau keduanya, kemudian nama situs web yang Anda miliki, alamat situs web, kategori situs web, dan waktu daerah (Jika ingin menampilkan waktu real time bagian Indonesia, pilihlah Indonesia).

Baca: Perbedaan Cloud Hosting dan VPS yang Harus Diketahui

Baca persyaratan

Jika demikian, maka Anda dapat mengklik Buat. Tetapi sebelum mulai membuat pengaturan, Anda akan diminta untuk membaca ketentuan perjanjian dalam penggunaan Google Analytics. Jika Anda setuju, Anda dapat segera melanjutkan ke tahap berikutnya. Terkadang jika ada persyaratan seperti ini malas untuk membaca teks yang panjang, tetapi tidak ada salahnya membaca beberapa persyaratan terlebih dahulu agar jika terjadi kesalahan pada tools tersebut, sebagai pengguna sudah tau apa yang perlu diperbuat.

Cari tab Admin

Selanjutnya, Anda telah berhasil memiliki Google Analytics sesuai dengan blog Anda. Tapi belum selesai di situ. Anda harus mencari tab Admin-> Info Pelacakan-> Kode Pelacakan. Kemudian segera salin kode pelacakan dan salin kode pelacakan blog Anda. Kode pelacakan blog biasanya dimulai dengan <script> dan berakhir </script>.

Memasang Google Analytics

Masukkan bagian template Website atau HTML

Setelah menyalin kode, Anda harus memasukkan ke bagian template HTML di dasbor Blogspot (untuk pengguna WordPress, Anda dapat langsung pindah ke langkah 8). Cukup cari bagian Template dan kemudian Edit HTML. Masukkan kode pelacakan situs langsung di bawah kode <head>. Jangan lupa untuk menyimpan (save) pengaturan.

Periksa ID pelacakan

Kemudian di dasbor blog Anda, masukkan bagian Analisis Web untuk memasukkan ID pelacakan Google Analytic yang disalin sebelumnya. Jika sama, maka tidak perlu dibuat lagi. Jika tidak sama, isikan kode yang sama. Dengan menyelesaikan langkah ini, Anda telah selesai menginstal Google Analytics di blog.

Masukkan pada plugin Google Analytics

Jika Anda menggunakan CMS WordPress, maka Anda tidak perlu mengikuti langkah nomor 6 dan 7 diatas. Anda dapat melompat ke sini. Agar dapat menginstal Google Analytics di WordPress, Anda harus menggunakan plugin CAOS untuk Google Analytics. Unduh plugin, buka pengaturan plugin, lalu masukkan ID pelacakan Google Analytics. Kemudian pilih Allow di bagian Izinkan pelacakan dan pilih Footer di Posisi kode pelacakan. Setelah itu simpan pengaturan dan selamat, Anda sudah memasang Google Analytics di WordPress.

Kesimpulan

Menggunakan tools seperti Google Analytics memang diperlukan agar pemilik website dapat memantau seluruh aktivitas pengunjung secara akurat dan real-time yang ada di website tersebut.

Begitulah cara menginstal Google Analytics di blog Anda. Mudah kan? Anda tidak akan bingung dengan mengikuti langkah-langkah di atas. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi Anda.

Silakan bertanya pada kolom komentar dibawah ini jika masih ada kesulitan dalam proses daftar maupun memasang Google Analytics pada website.

Leave a Comment