Perbedaan Cloud Hosting dan VPS yang Harus Diketahui

Di era digital ini, siapa yang tidak suka membuka website? Hampir semua layanan yang Anda cari dari Google disajikan dalam bentuk website. Semakin banyak layanan yang dapat ditampilkan dalam bentuk website, semakin besar peluang Anda untuk membuat website yang menarik. Sekarang, membahas masalah hosting, Dalam membuat website, tentu saja Anda harus memilih layanan apa yang dapat digunakan untuk menyimpan file website di sebuah server agar website tersebut menjadi online, mungkin banyak yang bertanya mengenai apa perbedaan Cloud Hosting dan VPS, karena kedua layanan ini memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Bagi sebagian orang, membuat website bukanlah pekerjaan yang sulit. Bagaimana dengan orang belum terbiasa juga ikut membuat website? Tentunya mereka agak sulit, mengingat ada prosedur yang harus dilalui sebelum membuat website. Salah satunya adalah memiliki hosting yang tepat sesuai dengan tujuan pembuatan website dan menentukan domain yang tepat.

Mungkin Anda sering mendengar atau membaca istilah Cloud Hosting dan Virtual Private Server (VPS). Apa perbedaan antara cloud hosting dan VPS?

Apa itu Cloud Hosting?

Cloud Hosting adalah teknologi web hosting yang melibatkan beberapa server untuk mengoptimalkan pekerjaan pada website. Penggunaan beberapa server ini bertujuan untuk menyeimbangkan beban dan memaksimalkan waktu kerja. Jika ada downtime atau masalah pada satu server, maka server akan secara otomatis bekerja ditransfer ke server lain. Artinya, masalah yang terjadi pada server satu tidak akan memengaruhi server lain, sehingga kinerja website dapat terus berjalan dengan baik.

Kelebihan Cloud Hosting

Kelebihan dari cloud hosting adalah sebagai berikut.

  • Kapasitas penyimpanan data tidak memakan banyak komputer.
  • Kemudahan manajemen server, karena biasanya Cloud Hosting sudah diatur sedemikian rupa oleh penyedia layanan hosting, sehingga sebagai pengguna tinggal menggunakannya saja.
  • Server virtual dengan performa yang tinggi. Anda tidak perlu lagi mengatur agar performa server menjadi maksimal, karena semua sudah diatur oleh penyedia layanan hosting.
  • Memiliki harga yang bervariasi, harga bervariasi yang dimaksud adalah Anda dapat memilih layanan Cloud Hosting yang sesuai dengan kebutuhan website, karena jika dirasa kurang untuk memenuhi kebutuhan, Anda dapat meningkatkan kapasitas pada layanan tersebut.

Kekurangan Cloud Hosting

Kekurangan dari cloud hosting adalah sebagai berikut.

  • Tidak semua penyedia layanan Cloud Hosting dapat mempertahankan konsistensi mereka dalam melayani pelanggan
  • Karena semua data disimpan di server yang dimiliki oleh penyedia, penyedia dapat mengakses data tanpa sepengetahuan Anda. Jadi, pilihlah layanan Cloud Hosting yang terpercaya dan support yang baik.

Baca: Apa itu Cache? Ini Penjelasan Mengenai Cache

Apa itu Virtual Private Server (VPS)?

Virtual private server atau VPS adalah teknologi berbasis situs web dalam bentuk pembagian server pusat menjadi beberapa server virtual. Server virtual dapat menjalankan sistem operasi seperti server fisik. Kehadiran teknologi ini tentu tidak lepas dari kelebihan dan kekurangan. Begitu juga dengan VPS. Keuntungan dan kerugian VPS adalah sebagai berikut.

Kelebihan dan kekurangan VPS

VPS adalah teknik untuk membagi server fisik menjadi beberapa server virtual. Server virtual dari pastisi ini mampu menjalankan sistem operasi yang hampir sama dengan server fisik. Sumber daya pada VPS tersedia hanya untuk Anda, berbeda dengan hosting pada umumnya yang dimana media penyimpanan beserta sumber daya dibagi dengan pengguna lain. Mudah bukan? Selain itu, server virtual juga sama dengan web hosting pada umumnya, yang mana VPS nya juga memiliki kelebihan dan kekuarangnya yang perlu Anda ketahui. Berikut ini kelebihan dan kekurangan VPS.

Kelebihan

  • Fleksibel, artinya pengguna dapat menginstal aplikasi apa pun sesuai kebutuhan.
  • Pengguna diberi akses ROOT, sehingga mereka dapat melakukan apa saja di VPS.
  • Sumber daya yang dijamin, seperti CPU, RAM, dan ruang penyimpanan data.
  • Keamanan pada VPS sepenuhnya dikelola oleh pengguna, ini tergantung penyedia layanan VPS menyediakan layanan self managed atau managed.

Kekurangan

  • Pengguna harus memahami command Linux dan Windows dengan baik, karena penyedia layanan VPS tidak akan membantu segalanya tentang server yang telah disewa. Ini tergantung apakah penyedia memiliki layanan managed atau unmanaged, biasanya layanan yang sudah disetting memiliki harga yang relatif mahal dibanding unmanaged.
  • Biaya lebih mahal dari hosting pada umumnya, biasanya kisaran harga termurah itu 60rb-80rb.
  • Jika sumber daya yang dibutuhkan besar, biaya yang akan dikeluarkan otomatis besar juga.

Kesimpulan

Dalam menentukan layanan diatas, ada baiknya Anda survey ke penyedia layanan dan baca tentang syarat ketentuan menggunakan layanan tersebut. Jika Anda suka kenyamanan aksebilitas pada suatu hosting, lebih baik menggunakan Cloud Hosting karena segala pengaturannya sudah dikelola oleh penyedia, tapi jika Anda menginginkan performa yang lebih, Anda bisa menggunakan VPS dengan syarat Anda harus bisa konfigurasi server secara manual.

Itulah perbedaan antara Cloud Hosting vs VPS yang harus Anda ketahui. Sebagai produk teknologi, Cloud Hosting dan VPS memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Pastikan Anda memilih layanan yang tepat dan terpercaya untuk kebutuhan dalam membangun aplikasi atau website.

Leave a Comment