Setting CDN Cloudflare Untuk Mempercepat Website

Setting CDN Cloudflare berguna bagi Anda yang suka ngeblog atau punya website, tentunya ingin blog atau website Anda memuat lebih cepat. Tentu saja Anda akan mulai memikirkan cara untuk membuat situs web Anda lebih cepat, meskipun ada banyak metode tetapi menggunakan CDN adalah salah satu yang memberikan hasil paling signifikan. Penulis akan memberi tahu Anda cara menggunakan layanan gratis dari Cloudflare, sebenarnya ada banyak layanan CDN yang gratis tetapi Cloudflare menawarkan lebih banyak penawaran.

Apa itu Cloudflare?

Cloudflare adalah layanan CDN (Content Delivery Network) gratis, berguna dalam hal meningkatkan kecepatan situs web. Singkatnya, ini adalah jaringan CDN yang berarti Jaringan Pengiriman Konten. CDN adalah server proxy antara klien Anda dan server yang membantu meningkatkan kecepatan situs web Anda. Cara kerja CDN Cloudflare yaitu ketika pengguna dari seluruh dunia mengakses situs Anda dari browser, kemudian akan diarahkan ke server cloudflare terdekat setelah itu baru ke server milik Anda.

setting cdn cloudflare

Mengapa menggunakan cloudflare?

Meskipun pengantar artikel ini memberikan penjelasan tentang pertanyaan ini, tetapi penulis ingin memberi tahu kepada Anda beberapa poin utama mengapa penulis merekomendasikan Anda menggunakannya, termasuk berikut ini:

  • Meningkatkan kecepatan situs web Anda, kecepatan yang lebih baik memungkinkan peringkat situs juga akan naik. (salah satu praktik dalam SEO)
  • Ini memberikan layanan yang memuaskan untuk layanan gratis pada Cloudflare dan juga berlaku seumur hidup.
  • Kecepatan lebih baik, dioptimalkan untuk mesin pencari.
  • Memberikan keamanan tambahan dari penyerang dan peretas.

Baca: Cek Kecepatan Website Menggunakan Tools Terbaik

Cara menggunakan cloudflare

Ada beberapa cara berbeda untuk mulai menggunakan cloudflare, sebagai berikut:

Dengan instalasi otomatis di Cpanel

Meskipun beberapa perusahaan seperti HostGator dan Bluehost telah menambahkan fungsionalitas ini untuk mengaktifkan Cloudflare langsung dari Cpanel, akan lebih baik jika Anda melakukannya secara manual. Tetapi jika Anda ingin menginstalnya secara otomatis melalui Cpanel, ikuti langkah-langkah sederhana ini:

  • Kunjungi dashboard Cpanel Anda.
  • Klik “Tab tingkat lanjut” di cloudflare.
  • Pilih domain yang ingin Anda aktifkan.
  • Kemudian aktifkan, lalu tunggu hasilnya.

Instalasi Cloudflare pada website/wordpress

Anda dapat mengunjungi situs Cloudflare untuk menggunakan layanannya. Selanjutnya Anda dapat mengunduh plugin di dashboard WordPress Anda. Mereka memiliki plugin untuk WordPress yang bernama CloudFlare. Tetapi menginstal plugin tidak akan melakukan apa-apa kecuali Anda mengkonfigurasinya untuk situs web Anda. Alasan penulis mengatakan ini adalah karena beberapa pemula membuat kesalahan ini dan kemudian mengeluh bahwa kecepatan situs mereka tidak meningkatkan yang sama sekali.

* Untuk pemula: Untuk menginstal plugin kunjungi Dashboard WordPress Anda >> Masuk ke menu Plugins >> Klik Tambah Baru >> Ketikkan Cloudflare >> Klik tombol Install.

Jika Anda tidak menggunakan wordpress maka Anda dapat mengunjungi situs web Cloudflare secara langsung, hasilnya akan sama. Sekarang jika Anda telah menginstal plugin Cloudflare di WordPress Anda (Anda juga dapat mengunjungi situs mereka). Jika Anda telah mengunduh plugin, kunjungi plugin di bawah tab “Pengaturan” di dashboard WordPress Anda dan isi info situs web Anda di sana (nama domain, email, API Key). Selanjutnya Anda mencari API Key di situs cloudflare. Tetapi jika Anda tidak menggunakan wordpress, langkah ini dapat diabaikan.

Jika Anda telah membuka situs web resmi Cloudflare, yang harus Anda lakukan sekarang adalah mengikuti langkah-langkah ini:

Anda perlu menambahkan situs web Anda di sana, masukkan nama domain Anda dan tekan tombol “ADD WEBSITE” atau “BEGIN SCAN”.

Setelah itu akan memindai catatan seperti domain, CNAME, A Record dll.

Setelah pemindaian penuh. Anda tinggal pilih yang gratis serta biarkan saja settingan default untuk DNS atau bisa mengikuti seperti tampilan screenshot dibawah ini, pastikan sudah bertanda awan berwarna oranye dan bertuliskan Proxied.

setting cdn cloudflare

Selanjutnya Anda perlu mengubah nameserver pada domain. Cloudflare akan menyediakan dua nameserver yang harus Anda perbarui pada DNS Anda. Kunjungi akun pendaftar domain Anda dan lakukan perubahan terhadap nameserver. Cloudflare memerlukan waktu hingga 24 jam untuk memeriksa dan memperbarui data mereka.

Baca: Memasang Google Analytics Pada Website Anda

Catatan – Jika Anda menginstal plugin, dapatkan API Key dari dashboard Cloudflare, lalu tempel di plugin Anda. (hanya wordpress).

Sangat disarankan Anda untuk melihat kecepatan situs sebelum mengkonfigurasi cloudflare, sehingga Anda dapat membandingkannya nanti.

Kesimpulan

Menggunakan CDN sangat bermanfaat untuk menghemat penggunaan bandwidth dari server website Anda, karena pengguna dari seluruh dunia yang mengakses situs Anda akan diarahkan terlebih dahulu ke server cloudflare terdekat, kemudian baru diarahkan ke server website Anda, tentunya hal ini akan mempercepat website Anda dalam memuat halaman. Dengan menggunakan layanan gratis ini, fitur-fitur yang tersedia sudah cukup lengkap, jadi tidak ada salahnya untuk mencoba layanan Cloudflare yang satu ini.

Leave a Comment